[episode makan bakso] Lagu Melisa Abang Tukang Bakso 200 perak jadi kenangan manis Indonesia

melisa abang tukang bakso

melisa abang tukang bakso 200 perak

Siang ini ketika menikmati bakso malang, wih enak euy, bakso kasar, bakso bulat (yg ngga seperti bola ping pong kan ketjil :D) sm misoay goyeng..  jadi inget   lagu jadul yg terkenal membahana gini liriknya .. “satu mangkok saja 200 perak, yang banyak baksonya”   hm..  ini punyaku 10 rebong aja kaga berani minta nambah bakso :p itu lagu tahun 1989   weh inflasi  kita naik 51 kali lipat bo..

jadi disini ada pertikaian menentukan berapa kali lipat itu nilai inflasinya (gubrak)

(aslinya hrg bakso kalau nambah 1 bakso urat) 10500 – 200 = mengalami kenaikan harga  10300 rupiah

10.300 / 200 = harganya naik  51,5 kali lipat
inflasi yang dialami “semangkok bakso” di indonesia selama 24 tahun,   (10300 – 200)/500 = 51.5

jika di presentasekan, 51,5 kali lipat = 51500 / 100 = 51500 %

kok gede bgt yah inflasinya, mgkn juga salah satu sebabnya taun rusuh2 transformasi tahun 98 inflasi, dimana era uang eke 2000 an senilai jdi 10rb/9rbuan pada waktu itu jdi inflasi.nya terasa sangat besar..

ps:  eh tpi yang masih harus diinvestigasi, bakso yang dibeli melisa itu bakso yang seperti apa, masa bakso tepung kanji di-samakan sama bakso malang, dan juga  200 perak semangkok ada berapa jumlah baksonyaa,   kalau mau risetnya valid yang dibandingkan kudu setara katanye sich..    tapi ada kok kesamaannya, katanya sih ke-2 bakso ini sama-sama nggak pake kol  “tidak pakai sambel, tidak pakai saos, juga tidak pakai kol *nyanyi*”    #eh..      oh em jii  ini kok ini si die kritis banget terhadap semangkok bakso ?

About these ads